Media

Tingkatkan Nilai Ekspor Secara Berkesinambungan di Tengah Pandemi, Aspira Raih Penghargaan Primaniyarta 2021

PT Astra Otoparts Tbk melalui salah satu mereknya, Aspira, meraih penghargaan Primaniyarta 2021 pada Kategori Eksportir Pembangun Merek Global. Penghargaan tersebut diadakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI pada Jumat, 26 November 2021 lalu.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi dalam meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan di tengah pandemi Covid-19 serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku ekspor lainnya dengan tujuh kategori yaitu Eksportir Pembangun Merek Global, Eksportir Pelopor Pasar Non Tradisional, Eksportir Pelopor Produk Baru, Eksportir Produk Berkelanjutan, Eksportir Teknologi Tinggi, Eksportir Digital Marketing, dan Eksportir Muda.

Selebrasi Penghargaan Primaniyarta ke-23 kalinya ini, telah diadakan secara virtual bersamaan dengan pembukaan Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta dihadiri juga oleh Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen Salim secara virtual. Namun tidak berakhir sampai disitu, Kementerian Perdagangan RI juga mengadakan pemberian Penghargaan Primaniyarta secara luring kepada para pemenang yang dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Hotel Millennium Sirih Jakarta. Penghargaan tersebut diterima oleh Executive in Charge International Division PT Astra Otoparts Tbk Selvi Xu.

Proses seleksi Primaniyarta 2021 ini dilakukan dalam dua tahap. Peserta diseleksi dengan meninjau segi kepatuhan dalam kredit perbankan, perpajakan, kepabeanan, ketenagakerjaan, pemalsuan merek, dan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh Tim Evaluasi dari gabungan berbagai instansi Pemerintahan, diantaranya Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia.

Lalu dilanjutkan dengan proses penjurian yang dilakukan secara virtual dengan tim juri yang berasal dari pemerintah, pengamat ekonomi, praktisi bisnis, jurnalis atau media, serta akademisi. Variabel yang dinilai oleh tim juri adalah kemampuan perusahaan dalam meningkatkan ekspor, diversifikasi produk dan pasar, strategi saat krisis, serta persaingan yang meningkat.

Raihan Penghargaan Primaniyarta 2021 ini merupakan pembuktian bahwa sebagai merek lokal, Aspira telah menjadi merek global untuk suku cadang kendaraan roda dua dan roda empat yang telah dipasarkan ke lebih dari 25 negara dengan nilai ekspor yang selalu meningkat dalam tiga tahun terakhir. Aspira juga telah melakukan diversifikasi produk non-otomotif dengan mengembangkan Aspira Face Shield dan Aspira Air Purifier yang juga telah diekspor.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap Aspira sebagai merek kebanggaan bangsa, juga sekaligus memacu motivasi kami untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan produk-produk lokal Indonesia, khususnya Aspira, di pasar global,” tutup Selvi.